Apa Yang Harus Dilakukan Masyarakat Jika Ingin Periksa Gigi Saat Pandemi Covid-19 (2)

Setelah pernyataan WHO bahwa Covid -19 sebagai Pandemi yakni wabah yang meluas cepat di berbagai belahan dunia, di Indonesea presiden Joko Widodo mengeluarkan keputusan  no 7 tahun 2020 tentang pembentukan gugus tugas Covid-19 tanggal 13 Maret 2020. Pertimbangan perkembangan Covid-19 terus meningkat, menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar dan telah berimplikasi pada aspek sosial,ekonomi dan kesejahteraan rakyat diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokkus, terpadu dan sinergis antar Kementrian/lembaga dan pemerintah daerah. Menurut Permenkes no 9 tahun 2020 dapat dilakukan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) disuatu daerah dengan kriteria berdasarkan jumlah kasus/kematian akibat penyakit dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah serta terdapat kaitan Epidemiologis ( Ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan dan faktor yang mempengaruhinya)dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain. Penetapan PSBB berdasarkan permohonan Gubernur/ Bupati /Walikota yang disertai dengan data: peningkatan dan penyebaran kasus menurut waktu dan Transmisi lokal.

Secara umum arti sehat adalah bebas dari penyakit. Pada seluruh bagian tubuh tidak ada gangguan, sehingga semua terasa nyaman dan bebas untuk melakukan segala kegiatan yamg diinginkan serta  tidak merugikan orang lain dan lingkungan. Untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit, sebaiknya:
1. Menjaga kebersihan diri, kebersihan yang dikonsumsi dan kebersihan lingkungan.
2. Makan dengan gizi seimbang.
3. Memanfaatkan segala asupan selain makanan.
4. Bergerak / berolah raga sesuai dosis tubuh.
5. Istirahat cukup.
6. Mengelola stres.

Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting untuk diri kita atau untuk orang lain. Kebersihan diri secara sebagian paling sederhana dengan cara cuci tangan selanjutnya dengan cuci muka jika dibutuhkan. Sedangkan secara menyeluruh dengan cara mandi. Seberapa sering frekwensi kita mandi tergantung tingkat aktifitas orang. Pada umumnya setidaknya orang mandi sekali sehari dengan sabun mandi yang efektif membantu menghindar dari kuman penyebab penyakit. Untuk mencuci rambut mungkin hanya butuh tiap 2 atau 3 hari sekali, tergantung masing-masing individu.

Menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi bisa dengan mencuci makanan sebelum dimakan jika makanan tersebut akan secara langsung dikonsumsi tanpa di masak, misalnya buah. Sedangkan makanan yang sudah dimasak harus dijaga agar tidak dihinggapi binatang, misalnya lalat.

Aktifitas pertama untuk rutinitas menjaga kebersihan lingkungan adalah merapikan tempat tidur. Selanjutnya segera mencuci alat yang baru dipergunakan untuk makan, meludah tidak sembarangan, beretika saat bersin, batuk dan menguap, menjaga kebersihan sumua tempat yang berhubugan dengan kita.

Gizi seimbang adalah susunan makanan yang kita konsumsi sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai tubuh dengan tetap memperhatikan variasinya. Selain makanan tubuh juga membutuhkan hal lain diantaranya sinar matahari baik untuk kebutuhan vitami D atau sekedar pencahayaan, dan udara segar untuk pernafasan .

Bergerak / berolah raga sesuai dosis tubuh, meskipun kita harus berolah raga demi kebugaran, seyogyanya bisa memahami atau mengukur kekuatan tubuh macam olah raga apa yang sesuai. Masing-masing orang berbeda. Ini membutuhkan jeli pada diri sendiri agar organ dalam aman sampai usia renta.

Istirahat yang cukup tidak hanya untuk kebugaran fisik, tapi juga mempengaruhi mental, emosional dan spiritual kita. Meski memiliki manfaat istirahat tidak boleh berlebihan. Terlalu sering istirahat dapat meningkatkan penumpukan Kalsium pada arteri jantung serta mengurangi fleksibilitas pembuluh darah kaki. Para ahli menyarankan istirahat dilakukan tidak lebih dari 9 jam per hari.

Stres adalah sesuatu hal normal yang dialami oleh setiap orang, dalam mengelolanya sebenarnya masuk dalam menjaga kebersihan diri yaitu kebersihan otak kita dalam berfikir. Stres berkepanjangan akan menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun.


Bersambung

Nana Ono